Teknologi Website GPIB jemaat “SHALOM”

Ucap syukur atas meluncurnya website GPIB jemaat “SHALOM” Sidoarjo yang merupakan tahapan awal dari pengembangan teknologi informasi gerejawi. Merupakan sebuah kado bagi “#HutGPIBSHALOM-19” dari Komisi Inforkom & Litbang. Ada banyak hal yang menjadi impian namun tentu saja tidak bisa dikerjakan tanpa dukungan jemaat GPIB “SHALOM”.

Ada beberapa teknologi yang menjadi dasar dari pengembangan website ini, namun dengan semangat pelayanan maka Komisi Inforkom & Litbang bertekad untuk menggunakan teknologi yang tidak menjadi beban bagi gereja. Berikut ini teknologi yang digunakan:

  • Website Hosting
    • MySQL
      Merupakan perangkat lunak OpenSource (Free/Gratis) yang berfungsi sebagai managemen basis data SQL (DBMS: Database Management System). Berfungsi sebagai media penyimpanan database yang akan digunakan sebagai dasar pengembangan website maupun integrasi dengan database jemaat dan pengembangan lainnya.
    • PHP
      Singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994 dan merupakan Perangkat OpenSource yang hingga saat ini sangat populer digunakan
    • Apache
      Apache merupakan salah satu perangkat lunak yang berfungsi melayani situs web atau Server Web/WWW. Apache Web server dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) dan merupakan program OpenSource.
    • WordPress
      Wordpress merupakan sebuah salah satu content management system yang saat ini digunakan untuk mengembangkan website GPIB jemaat “SHALOM”. Merupakan program Open Source dan sangat populer digunakan saat ini.
  • Backup / Cadangan
    Google Drive – Merupakan layanan media penyimpanan gratis yang diberikan Google bagi pengguna Gmail. Backup/Cadangan saat ini menggunakan 2 schedule

    • Backup Database – Berjalan setiap 4 jam sekali setiap hari
    • Backup File – Seluruh file diwebsite ini akan dibackup secara keseluruhan
  • CloudFlare
    Merupakan “CACHE” atau penyangga, website GPIB jemaat “SHALOM” Sidoarjo menggunakan teknologi yang disediakan oleh Cloudflare INC, sehingga dapat meringankan beban dari hosting dan memberi dampak kecepatan akses website serta proteksi tambahan

Demikian sedikit informasi mengenai teknologi dibelakang website ini. Akan disabung lain waktu untuk bisa saling berbagi ilmu bagi semua yang berminat untuk saling berbagi. Kiranya dengan adanya teknologi informasi dapat memberikan kontribusi positif bagi kemuliaan Kristus Yesus yang telah memberikan segala sesuatu yang begitu luar biasa yakni “KESELAMATAN KITA”.

 

Salam,

/B/K
Komisi Inforkom & Litbang
GPIB jemaat “SHALOM”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *